Fungsi Evaluasi dalam Pendidikan dan Tujuannya
Evaluasi sebagai suatu proses pendidikan memiliki beberapa fungsi yaitu :
1. Untuk memberikan umpan balik (feed back) kepada guru sebagai dasar untuk memperbaiki proses belajar mengajar.
2. Untuk menentukan angka kemampuan/hasil belajar masing-masing murid yang antara lain diperlukan kenaikan kelas dan penentuan lulus tidaknya murid.
3. Untuk menentukan murid dalam situasi belajar mengajar yang tepat, sesuai dengan tingkat kemampuan.
4. Untuk mengenal latar belakang (psikologi fisik dan lingkungan) murid yang mengalami kesulitan belajar.
Sehubungan dengan keempat fungsi yang dikemukakan di atas, Evaluasi Hasil Belajar (EHB) dapat digolongkan atas empat jenis :
1. Evaluasi Formatif : Evaluasi yang dilaksanakan untuk mengetahui hasil belajar yang dicapai oleh anak didik setelah menyelesaikan program dalam satuan bahan pelajaran pada bidang studi tertentu.
2. Evaluasi Sumatif : Evaluasi yang dilakukan terhadap hasil belajar murid yang telah selesai mengikuti pelajaran dalam satu catur wulan, semester atau akhir tahun.
3. Evaluasi Penempatan : Yang dilaksanakan untuk keperluan menempatkan murid pada situasi belajar mengajar yang tepat, sesuai dengan tingkat kemampuan/karakteristik lain yang dimilikinya.
4. Evaluasi Diagnostik : Yang dilaksanakan untuk keperluan mengenal latar belakang (psikologi fisik, lingkungan) dari murid yang mengalami kesulitan-kesulitan belajar.
0 komentar:
Posting Komentar